Birokrasi

144 Bidan PTT di Kabupaten Tasik Dilantik Jadi PNS

initasik.com, birokrasi | Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, melantik 144 orang bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) menjadi Pegawai Negeri Sipil, di kantor setda, Senin, 23 April 2018. Para bidan diingatkan untuk selalu menjaga nama baik, kejujuran, dan kepercayaan.

“Kesempatan menjadi PNS itu tidak akan datang dua kali. Sebagian hidup abdi negara itu telah diwakafkan kepada masyarakat.  Ini harus menjadi motivasi untuk mengabi dan melayani masyarakat secara tulus agar menjadi manusia yang bermanfaat, sehingga menjadi ladang ibadah,” tutur Ade.

Ia menegaskan, peran bidan di tengah masyarakat sangat dihargai dan dihormati, karena tugasnya yang sangat mulia, memberi semangat, membesarkan hati,  menolong ibu melahirkan, dan merawat bayinya dengan baik.

Untuk itu, dalam melaksanakan tugas, bidan memiliki peran dan fungsi sebagai pelaksana, pengelola, pendidik, dan peneliti. Sebagai pelaksana seorang bidan memiliki tiga tugas, yaitu tugas mandiri, kolaborasi, dan rujukan. Sebagai pengelola, bidan harus dapat mengembangkan pelayanan dasar kesehatan dan bekerja sama dengan tim untuk melaksanakan program kesehatan. Sebagai pendidik, bidan memberikan penyuluhan dan pendidikan kesehatan. Adapun sebagai peneliti, seorang bidan dapat melakukan investigasi, baik secara mandiri maupun tim untuk mengatasi permasalahan kesehatan ibu dan anak.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Iin Aminudin, menjelaskan, penetapan 144 bidan PTT menjadi PNS itu berdasarkan  Keputusan Bupati Tasikmalaya Nomor   820/Kep.173-BKD/2017 tentang Pengangkatan CPNS dari Program Pegawai Tidak Tetap Kementerian Kesehatan di Lingkungan Pemeruintah Kabupaten Tasikmalaya tahun anggaran 2017.

Para bidan yang dilantik telah melaksanakan masa percobaan selama satu tahun, dan telah memenuhi syarat sebagai PNS, sehingga dinyatakan lulus pendidikan dan pelatihan prajabatan yang telah diselenggarakan oleh BKD Kabupaten Tasikmalaya. [Rls]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?