Birokrasi

2019, Pemkot Tasik Berencana Cetak KTP Elektronik di Kecamatan

initasik.com, birokrasi | Mulai 2019, Pemkot Tasikmalaya berencana mencetak KTP elektronik di kantor kecamatan. Hal itu dimaksudkan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengakui, saat ini banyak keluhan dari masyarakat terkait lambannya proses pencetakan KTP elektronik. Untuk menjalankan rencana tersebut, pemerintah akan menempatkan petugas dari Disdukcapil di masing-masing kecamatan.

“Ini dalam rangka memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat agar tidak seperti sekarang. Menumpuk di tempat yang juga kurang representatif. Insya Allah menjadi pertimbangan kami untuk melakukan usulan pengembangan pelayanan di Disdukcapil,” ujar Budi usai upacara Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), di halaman Bale Kota Tasikmalaya, Senin, 23 April 2018.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasiknalaya, Imih M Munir, menyebutkan, saat ini jumlah perekaman KTP elektronik sudah mencapai 98,5 persen. Sedangkan yang 1,5 persen itu kebanyakan masyarakat yang sedang merantau dan belum kembali lagi.

Ia menyebutkan, Disdukcapil Kota Tasikmalaya juga sampai hari ini sudah mengeluarkan Akta Kelahiran Penduduk di usia 0,18 persen di angka 72,55 persen. Sedangkan target pusat saat ini mencapai angka 85 persen. Untuk penerbitan akta kematian, pihaknya sudah mengeluarkan 7.748 dokumen.

“Karena itu, Disdukcapil Kota Tasikmalaya alhamdulillah mendapatkan penilaian dari Kementrian Dalam Negeri dengan nilai 80 atau A, dan itu sangat baik,” imbuhnya. [Eri]