Peristiwa

21 Agustus Bukan Hari Jadi Tasikmalaya

Kabupaten Tasik | Guru Besar sejarah Unpad, Prof. Sobana Hardjasaputra, menegaskan, salah jika 21 Agustus dijadikan tanggal hari jadi Tasikmalaya. “Itu sangat penting diluruskan,” ujarnya saat ditemui usai menjadi pemateri dalam satu workshop di aula pendopo lama, Selasa, 4 November 2014.

Menurutnya, tanggal 21 Agustus itu bukan untuk hari jadi, melainkan waktu berdirinya kebhataraan di Galunggung. Informasi itu ada dalam prasasti Geger Hanjuang, 13 Bhadrapada 1033 Saka, atau 21 Agustus 1111 M. “Kalau tanggal 21 Agustus dijadikan hari jadi Tasikmalaya atau kabupaten, itu tidak sesuai dengan konteks permasalahan dan zamannya. Pada abad 12 itu belum ada pemerintahan berbentuk kabupaten,” terangnya.

Ia menegaskan, sejarah hari jadi Kabupaten Tasikmalaya harus diluruskan. “Kalau sudah salah tapi dibiarkan, itu akan menjadi salah kaprah yang berkepanjangan. Apalagi itu sudah masuk pelajaran di sekolah. Kasihan para siswa jangan sampai diberi informasi yang salah. Apalagi masyarakat kita ini kesadaran sejarahnya lemah,” tuturnya.

Berdasarkan penelusurannya, hari jadi Kabupaten Tasikmalaya benarnya tanggal 26 Juli 1632. Itu berdasarkan pada piagam Sultan Mataram pada 9 Muharram Tahun Jim Akhir yang mengangkat Ngabehi Wirawangsa sebagai Mantri Agung Bupati Sukapura. “Itu fakta sejarah. Harus kita terima dengan objektif,” tandasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Nana Heryana, mengatakan, kemungkinan besar 26 Juli akan dijadikan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya. Berarti dalam satu tahun akan ada dua hari jadi yang diperingati bersama, yaitu hari jadi kebhataraan di Galunggung dan mulai terbentuknya Kabupaten di Tasikmalaya.

Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Basuki Rakhmat, menyatakan, tak jadi soal kendati ada dua peringatan hari jadi dalam satu tahun. “Dua-duanya memiliki nilai historis yang berbeda, tapi penting buat masyarakat Tasikmalaya. Waktu peringatannya bisa bersamaan, karena waktunya kan tidak terlalu berjauhan, 26 Juli dan 21 Agustus,” ujarnya. initasik.com|ashani

Komentari

komentar