Birokrasi

23 Orang Ikuti Lelang Jabatan di Pemkab Tasik

initasik.com, birokrasi | Sebanyak 23 orang mengikuti lelang jabatan di Pemkab Tasikmalaya untuk mengisi kekosongan jabatan, seperti Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kepala Dinas Kesehatan, serta Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Muhammad Zein, mengatakan, para pelamar itu kini sedang mengikuti proses ujian kompetensi. “Kebanyakan berasal dari eselon 3,” kata Zein saat ditemui disela acara open bidding, di salah satu hotel berbintang, di Kota Tasikmalaya, Selasa, 4 September 2018.

Dalam proses seleksi itu terdapat banyak variabel yang menjadi bahan untuk kriteria penilaian. Misalnya diklat penjenjangan dan jejak rekam para pelamar. Jika ada pelamar yang pernah mendapatkan hukuman, itu akan berdampak negatif pada penilaian.

Setelah mengikuti proses tersebut, sambung Zein, para pelamar akan mengikuti tes kesehatan fisik. Setelah hal itu, barulah pansel akan melakukan pemeringkatan. Menurutnya, pansel tidak berhak memutuskan siapa yang akan menduduki jabatan itu, meskipun sudah diperingkatkan.

“Setelah dilakukan pemeringkatan, pansel akan mengambil tiga peringkat awal di masing-masing jabatan yang dilelang, untuk kemudian direkomendasikan kepada bupati. Nanti bupati yang memutuskannya,” beber Zein.

Ketua pansel open bidding, Kartawan, menjelaskan, beragam ujian akan dihadapi oleh para pelamar, mulai psikotest, talent mapping, serta uji kompetensi manajerial. Mereka juga diwajibkan membuat makalah yang berkaitan dengan tupoksi dari dinas terkait. [Eri]