123rf.com
Keluarga

3 Strategi Supaya Anak Tidak Takut Tidur Sendiri

Usia 2 tahun adalah waktu yang tepat untuk mengajari anak tidur sendiri di kamarnya. Jika kebiasaan tidur terpisah dari orang tua sudah diterapkan sejak dini, maka kedepannya anak akan terbiasa untuk mandiri. Lalu bagaimana jika dalam proses membuat anak berani tidur sendiri cukup sulit dilakukan? Berikut strategi jitu yang bisa dilakukan agar anak tidak takut tidur sendirian:

1.Buat anak memahami mengapa dia harus tidur sendiri

Jelaskan pada anak alasan mereka harus berani tidur sendiri. Dengan demikian, secara perlahan mereka akan paham dan tidak lagi merengek minta ditemani.

2.Siapkan kamar yang disukai anak

Untuk menarik perhatian anak supaya mau tidur sendiri di kamarnya, orang tua bisa mendekor kamar anak sesuai permintaan. Tidak ada salahnya untuk menjadikan ruangan pribadi anak memiliki wallpaper atau wall sticker kartun favoritnya.

3.Buat rutinitas sebelum tidur

Gosok gigi, membaca buku, dan berdoa bisa dijadikan rutinitas sebelum tidur. Cobalah temani anak membaca buku, berdoa, kemudian meninggalkannya dengan ucapan selamat malam.

Di awal-awal, anak mungkin akan rewel, menangis, atau bahkan mendatangi kamar orang tua kembali saat dibiasakan tidur sendiri. Ketika itu terjadi, selalu berikan motivasi pada anak agar mereka berani tidur terpisah.

Semoga berhasil! lys

Komentari

komentar

Komentari

Komentari