Informasi

300 dari 671 Koperasi di Kota Tasik Terancam Dibubarkan

initasik.com, informasi | Ratusan koperasi di Kota Tasikmalaya terancam dibubarkan. Dari 671 koperasi yang terdaftar, 300 di antaranya harus tutup buku, lantaran ketidakterampilan mengelola organisasi.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, Firmansyah, mengatakan, ada beberapa alasan mengapa koperasi-koperasi tersebut terancam ditutup. Penyebab utamanya adalah ketidakmampuan mengatur keuangan, sehingga kehabisan anggaran.

Padahal, selama ini pemerintah daerah sudah giat melakukan pembinaan dan sosialisasi terkait manajemen kelembagaan koperasi. “Akan tetapi, ya itu tadi, kemampuan pemahamam mereka akan manajemen kelembagaan, terutama keuangan, masih kurang,” tandasnya kepada wartawan, Kamis, 12 Juli 2018.

Alasan lainnya, sambung Firman, tidak rutinnya menggelar Rapat Anggota Tahunan. “Untuk urusan pembubaran koperasi bukan kita yang melakukan, tetapi Kementerian Koperasi. Kita hanya mengusulkan. Mana yang masih kredibel, mana yang harus diajukan untuk dihapuskan,” tuturnya. [Eri]