Kesehatan

5 Alasan Minum Air Lebih Baik Dilakukan Sambil Duduk Daripada Berdiri

initasik.com, kesehatan | Saat masih kecil setiap kali kita minum sambil berdiri, ibu pasti menyuruh untuk duduk. Mungkin alasannya berhubungan dengan etika. Tapi sebenarnya praktik tersebut memang berguna untuk kesehatan dan bisa dijelaskan secara ilmiah.

Berikut 5 alasan mengapa minum air sambil berdiri sebaiknya tidak dilakukan, seperti yang dikutip dari boldsky.com:

1.Menyebabkan kerusakan pada dinding perut

Kalau kamu sedang berdiri kemudian minum, maka air akan mengalir seperti air yang langsung jatuh lewat pipa. Air akan mencapai dinding perut dengan kekuatan sama dan mungkin bisa menyebabkan sedikit kerusakan pada area sekitarnya.

2.Rasa haus sulit hilang

Rasa haus sulit hilang kalau kamu minum air dengan posisi berdiri. Coba rasakan bedanya kalau kamu minum dengan posisi duduk.

3.Menyebabkan kejang otot di daerah perut

Air mungkin bisa menghantam otot melingkar dalam perut jika minum dalam posisi berdiri. Hal ini berpotensi menganggu asam lambung dan menyebabkan kejang otot di daerah perut.

4.Mengganggu proses filtrasi alami

Minum sambil berdiri membuat air dapat menghantam ginjal sehingga mengganggu proses filtrasi alami. Hal ini bisa menyebabkan kotoran terakumulasi dalam kandung kemih.

5.Menganggu keseimbang cairan tubuh

Beberapa sumber mengklaim bahwa minum dalam posisi berdiri dapat menyebabkan nyeri sendi dan mengganggu keseimbangan cairan tubuh.

Menurut kepercayaan kuno, air sebaiknya direguk secara perlahan dan dalam posisi duduk. Meneguk air secara langsung dan dalam volume besar sama seperti mengirim tsunami dalam tubuh.[kl]

Foto: goodtoknow.co.uk

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentari

Komentari