Masjid Asy-Syuhada, Kubangsari, Tamansari, Kota Tasikmalaya, rusak diguncang gempa
Informasi

608 Bangunan di Kota Tasik Rusak Akibat Gempa

initasik.com, informasi | Gempa yang terjadi pada Jumat, 15 Desember 2017, menyebabkan 608 bangunan di Kota Tasikmalaya rusak. Sebanyak 90 unit di antaranya rusak berat, 216 rusak sedang, dan sekitar 300 rusak ringan. Selain rumah warga, kerusakan terjadi di delapan sekolah dan enam masjid.

“Pas kejadian ada yang terluka tujuh orang, sempat masuk rumah sakit dan sekarang sudah pulang,” ujar Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, usai mendampingi Kapolda Jabar, Irjen Agung Budi Maryoto, saat memberikan bantuan kepada korban gempa yang dipusatkan di Masjid Al-Barkah, Rancabeureum, Kelurahan Talagasari, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Ahad 17 Desember 2017.

Budi menjelaskan, ratusan kerusakan itu tersebar di delapan kecamatan. Sedangkan di Kecamatan Indihiang dan Cihideung tidak ada kerusakan. Informasi tersebut berdasarkan data yang masuk sampai pukul tiga dini hari tadi.

“Pendataan akan dilakukan sampai Senin, dan kita akan hitung berapa kerugiannya. Setelah itu baru kita lihat alokasi anggaran yang ada. Di APBD dana tak terduga ada Rp 2 miliar. Itu akan dialokasi ke yang lebih prioritas, seperti tempat umum, tempat ibadah, dan untuk yang rusak berat,” tuturnya.

Menurutnya, setelah ada pertemuan dengan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, kemarin, dikabarkan anggaran untuk bantuan diambil dari APBD Kota Tasik, provinsi, dan pusat. “Semoga kerusakan-kerusakan yang ada bisa kita selesaikan dengan tiga sumber anggaran tadi, karena APBD kota tidak terlalu besar,” harap Budi.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf, mengimbau masyarakat yang mempunyai rezeki lebih untuk memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa.

“Diharapkan jangan ada bantuan langsung ke masyarakat, karena akan menimbulkan kerawanan. Baiknya dikoordinir supaya tertib. Dihimpun di BPBD. Banyak kejadian yang satu terus dibantu yang lain tidak,” beber Yusuf. [Milah]

Komentari

komentar