Informasi

87 Warga Lapas Tasik tidak Bisa Gunakan Hak Pilih dalam Pilgub Jabar 2018

initasik.com, informasi | Sebanyak 87 warga binaan Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Tasikmalaya tidak bisa menggunakan hak pilihnya dalam pilgub Jabar yang akan dilangsukan Rabu, 27 Juni 2018.

Komisioner KPU Kota Tasikmalaya, Hotum Hotimah, menyebutkan, mereka tidak memiliki dokumen kependudukan dan tidak tercatat di database Disdukcapil. “Warga binaan yang dapat menggunakan hak suaranya sekitar 279 orang,” ungkapnya, Selasa, 26 Juni 2018.

Selain di Lapas IIB Tasikmalaya, Hotum menyebutkan, dari total 34 tahanan yang ada di Polres Tasikmalaya Kota, 13 orang di antaranya dipastikan tidak dapat menggunakan hak pilihnya dengan alasan yang sama.

Saat ditanya soal TPS untuk para tahanan, Hotum mengatakan, mereka akan memilih di TPS yang telah ditempatkan di dua lembaga tersebut. “Logistiknya sudah tersedia, karena kami punya cadangan 2,5% surat suara dari total daftar pemilih tetap. Kami bisa memastikan bahwa setiap warga negara yang berhak dan memenuhi persyaratan bisa menyalurkan suaranya,” tuturnya. [Eri]