Peristiwa

Aay: Saya Kompetensinya Bukan Kominfo

Kota | Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tasikmalaya, Aay Z. Dahlan, mengakui kalau dirinya bukan ahli di bidang kominfo. “Terus terang, saya kompetensinya bukan di bidang kominfo. Tapi kalau mau ngomong masalah traffic, ayo,” ujarnya kepada initasik.com, Selasa, 10 Februari 2015.

Pernyataan itu ia lontarkan terkait berita soal live streaming di Area Traffic Control System (ATCS) Sites Tasikmalaya yang beberapa hari ke belakang sempat ngadat. “Sekarang sudah jalan lagi. Coba lihat ini,” katanya sambil memperlihatkan tayangan live streaming di tab miliknya.

Sampai berita ini dibuat, tayangan live streaming di ATCS itu masih jalan. Di ketiga  titik: Jati, Mitrabatik, dan Cimulu, tidak ada masalah. Tulisan streamingnya pun sudah diubah. Asalnya streming.

Menurutnya, tidak jalannya live streaming itu memang lantaran suplai internetnya terganggu. “Saya dapat laporan dari orang LPSE kalau mereka mau pindah kantor. Karena bandwidth internet untuk ATCS itu dari LPSE, mungkin akan ada gangguan. Publish live streaming jadi terganggu, tapi pemantauan dari sini ke tiga titik masih bisa jalan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dalam ATCS itu bukan hanya CCTV, tapi mengoptimalkan cycle time pengaturan persimpangan dengan traffic light. Jaringannya memakai pakai fiber optic yang dipasang di jaringan penerangan jaringan umum. “Saya menjelaskan apa adanya. Kalau tidak puas, saya bukan alat pemuas,” imbuhnya. initasik.com|ashani

Komentari

komentar