Desa

Ada 162 RTLH di Desa Indrajaya

Kabupaten | Suryati tidak sendiri. Ratusan orang bernasib sama dengannya. Sedikitnya ada 162 rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Indrajaya, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

Tapi Suryati lebih beruntung. Warga Kampung Babakan Singaparna 16/03 Desa Indrajaya itu sudah didatangi Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, tadi pagi, 8 Mei 2015. Ia diberi bantuan Rp 10 juta. Bupati berharap, warga sekitar bisa memberikan bantuan material bangunan atau tenaga untuk memperbaiki rumah Suryati.

Gayung bersambut. Kepala Desa Indrajaya, Asep Parid Nudin, mengaku sudah berkoordinasi dengan aparat setempat untuk bergerak secara swadaya. “Warga akan membantu sesuai kadar kemampuan,” ujarnya saat dihubungi initasik.com via telepon.

Seperti diberitakan, rumah Suryati  sudah lama ambruk lantaran dimakan usia. Kini, ia tinggal di dapur berukuran sekitar 1×5 meter bersama anaknya. Suaminya, Dayat, sedang merantau di Tangerang. Asep menyebutkan, untuk memperbaiki rumah Suryati itu minimal perlu Rp 40 juta.

Menurutnya, di desanya tercatat ada 162 RTLH yang memerlukan bantuan. “Semuanya sudah diajukan untuk mendapat bantuan rutilahu (rumah tidak layak huni) dari gubernur, termasuk ke Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementerian Sosial. Dari Kemensos katanya tahun ini ada bantuan,” tuturnya. initasik.com|sep

Komentari

komentar