Peristiwa

Ada Bantuan Hukum Gratis di Pengadilan Agama

Kabupaten Tasik | Bagi banyak orang, terutama yang tengah terlibat urusan hukum, pengadilan adalah dunia asing yang jika masuk ke dalamnya acapkali kelimpungan. Tapi tak perlu khawatir. Bagi yang tak paham dengan aturan, ada pos bantuan hukum (Posbakum).

Di setiap pengadilan, pos tersebut ada. Itu khusus untuk membantu siapa saja yang tidak mampu secara ekonomi maupun pengetahuan. Gratis. Tidak dipungut biaya. “Kami itu melayani dan membantu masyarakat yang tidak mampu, baik tidak mampu secara ekonomi maupun pengetahuan,” sebut Eman Suratman SH MH, ketua Posbakum Pengadilan Agama Kabupaten Tasikmalaya, Jumat, 15 Januari 2016.

Di Pengadilan Agama Kabupaten Tasikmalaya ada program perkara prodeo (gratis) yang ditujukan bagi yang tidak mampu. Persyaratannya adalah Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dibuat oleh pejabat berwenang, dan dilampiri jamkesmas, jamkesda, atau kartu BPJS Kesehatan.

“Silakan datang ke pengadilan secara pribadi bisa melalui posbakum atau langsung. Soalnya banyak kejadian katanya tidak mampu tapi teleponnya bagus, dan pakai gelang mas,” tambah Aan Iskandar SH MH, sekretaris Pengadilan Agama Tasikmalaya.

Selain program itu, ada sidang keliling setiap Kamis yang digelar di lima tempat, yaitu di daerah Kecamatan Taraju, Ciawi, Karangnuggal, Cineam, dan Salopa. “Untuk biaya perkara sudah ada di papan, mulai dari anggaran, cerai talak,  cerai gugat, kasasi, banding, dan peninjauan kembali,” terangnya. initasik.com|syamil

Komentari

komentar