Informasi

Ada Program Angkutan Gratis Sepeda Motor Gunakan Kereta Api

initasik.com, informasi | Untuk menghindari kemacetan di saat arus balik lebaran, Kementerian Perhubungan membuat program angkutan gratis sepeda motor menggunakan kereta api. Masa pengangkutan sampai 5 Juli 2017. Pendaftarannya bisa online via mudikgratis.dephub.go.id atau offline di stasiun terdekat.

Pendaftaran offline persyaratannya menunjukkan tiket angkutan umum, baik kereta api, kapal laut, bus, atau travel. Selain itu memerlihatkan SIM, STNK, KTP dan kartu keluarga asli. “Pemilik motor tidak mesti naik kereta. Hanya kirim kendaraannya juga bisa,” ujar Dadi Rosadi, admin program angkutan gratis sepeda motor, di konter pendaftaran PT Lintas Nusantra Perdana, samping Stasiun Kereta Api Tasikmalaya.

Menurutnya, sampai hari ini program itu masih dibuka. Masyarakat yang berminat melakukan pengiriman bisa langsung datang ke tempat registrasi. “Gratis. Tidak ada pungutan biaya apapun,” sebutnya.

Untuk pengiriman regular, biasanya dikenakan biaya Rp 350 ribu. Itu pengiriman ke Jakarta atau jurusan Surabaya. “Kami melayani di sini sampai jam empat sore. Sampai saat ini pengangkutan dari Stasiun Kereta Api Tasikmalaya sudah ada 43 motor. Kebanyakan jurusan Jakarta,” ucapnya. [Jay]