Ade Sugianto | Jay/initasik.com
Peristiwa

Ade Sugianto Sentil Cafe Siap di Tempat Parkir Setda Kabupaten Tasik

initasik.com, peristiwa | Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, menyentil penempatan kedai kopi Cafe Siap di tempat parkir setda Kabupaten Tasikmalaya. Ia keberatan, lantaran kafe tersebut membawa misi besar yang layak diperjuangkan, sementara tempatnya sangat alakadarnya.

“Kalau saya hanya meresmikan kafe yang seperti ini rasanya malas. Yang suka meresmikan yang siap-siap mah pak bupati. Masa Cafe Siap seperti ini. Tapi saya tidak melihat itunya,” ujar Ade dalam sambutan peresmian Cefe Siap, di tempat parkir Setda Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, 18 Oktober 2017.

Ia melanjutkan, “Saya tidak akan melihat di belakang saya ada sebuah jongko kecil. Teuing tukang bakso teuing naon di tukang teh. Saya tidak melihat itu. Saya melihat sebuah gagasan besar yang ingin mengangkat kopi asal Kabupaten Tasikmalaya menjadi ciri khas, sekaligus komoditas yang dapat diandalkan,”

Menurutnya, gagasan itu harus didukung oleh semua pihak. Sebab, segala sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil. Ade sangat mengapresiasi gagasan dan langkah pertama yang ditempuh untuk mengangkat komoditas asli daerah.

“Mari memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dengan jabatan yang kita miliki sekarang.

Kalau masyarakat dibiarkan hidup sendiri, kopi dibiarkan hidup sendiri, saya kira seratus tahun kemudian pun tidak akan menjadi apa-apa. Pemerintah harus turun tangan dengan memberikan bantuan nyata dan keyakinan untuk bisa maju bersama,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kasubag Investasi Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Tasikmalaya, Taufik Fansuri, menjelaskan, Cafe Siap sengaja dibuka pertama kali di tempat parkir, karena sasaran awalnya adalah para PNS dan masyarakat yang sering datang ke kompleks perkantoran yang ada di Bojongkoneng, Singaparna, itu.

Ia menyebutkan, kedai tersebut menyediakan kopi-kopo asli Kabupaten Tasikmalaya, seperti kopi Taraju, Cigalontang, Kadipaten dan lain-lain. “Kita ingin memperkenalkan dulu ke ASN di lingkungan setda. Mereka harus tahu bahwa Kabupatn Tasik punya kopi enak. Ke depan kita sudah punya rencana buka kedai di pusat Singaparna dan tempat lainnya, termasuk di kantor-kantor kecamatan,” sebut Taufik. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?