Birokrasi

Agar Kepala Desa Paham Aturan, Pemkab Tasik Beri Pembekalan

initasik.com, birokrasi | Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memberikan pembekalan kepada 211 kepala desa terpilih dalam pilkades tempo lalu, di Pendopo Baru, Singaparna, Senin, 2 Desember 2019.

Pembekalan ini merupakan perintah Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, agar para kepala desa terpilih ini bisa lebih memahami tentang tata kelola di pemerintahan desa.

Penjabat Sekretaris Daerah, Kabupaten Tasikmalaya, Iin Aminudin, yang mewakili Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, mengingatkan para kepala desa agar selalu waspada dalam menentukan kebijakan.

Kepala desa harus memahami aturan serta menempuh langkah-langkah yang benar agar tidak berurusan dengan hukum di kemudian hari. Iin berharap, ke depan tidak ada lagi kepala desa di Kabupaten Tasikmalaya yang berurusan dengan hukum, lantaran ada kesalahan dalam bekerja.

Untuk itu, penting memahami segala aturan, agar niat mengabdi untuk desa bisa selalu selaras dengan aturan yang ada.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin, menambahkan, pembekalan ini penting dilakukan sebelum mereka dilantik pada 5 Desember sampai 7 Desember yang akan dilakukan di enam titik.

Diharapkan, para kepala desa terpilih ini bisa lebih mengerti serta memahami apa saja yang mesti dilakukan sebagai kepala desa, dan jika sudah dilantik bisa menjalankan mandat yang mereka terima dengan sebaik mungkin.

Selain memahami dan menjalankan aturan dengan benar, hal lain yang juga penting adalah menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, mulai BPD hingga RT/RW, sehingga antara kepala desa dengan masyarakat mempunyai frekuensi yang sama dalam membangun desa. [wrd/initasik.com]