Dok. Hima Agroteknologi Unsil
Edukasi

Agroteknologi Kingdom; Mengangkat Potensi Lokal ke Level Nasional

initasik.com, edukasi | Himpunan Mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi (Unsil) punya hajat besar. Selama empat hari, Kamis s.d. Ahad, 11 Mei s.d. 14 Mei 2017, mereka menggelar acara bertajuk Agroteknologi Kingdom, di Gedung Mandala Unsil.

Di hari pertama, sekaligus pembukaan, digelar seminar nasional “Optimalisasi Potensi Pangan Lokal Berbasis Pertanian Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan” dengan pemateri Prof. Agus Kardinan; direktur Inofice, dan Yayan Royan; pionir eksportir padi organik di Tasikmalaya.

Besok, Jumat, diagendakan talkshow “Peran Elemen Pertanian dalam Optimalisasi Potensi Lokal” dengan menghadirkan enam pemateri dari dinas terkait, akademisi, dan para praktisi pertanian.

“Intinya kita ingin mengangkat potensi-potensi lokal di bidang pertanian ke tingkat nasional. Selain seminar nasional dan bakti sosial, dalam Agroteknologi Kingdom ini ada pertemuan Wilayah II Forum Komunikasi dan Kerja Sama Mahasiswa Agronomi Indonesia,” papar Reza Nurseha, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Agroteknologi Unsil.

Pertemuan yang mengusung tema “Meningkatkan Loyalitas dan Tanggung Jawab serta Mempererat Relasi FKK Himagri Wilayah II untuk Mencapai Tujuan Bersama” itu diikuti 45 mahasiswa dari Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan Kalimantan Barat. Di hari terakhir, Ahad, mereka akan diajak ke Kampung Naga untuk melihat pengelolaan pertanian yang berbasis pada kearifan lokal.

“Nanti ada bakti sosial juga. Kami akan membagikan bibit buah-buahan kepada masyarakat sekitar kampus. Ada juga lomba menulis esai tentang optimalisasi pangan lokal. Yang daftar sudah ada 20 orang dari Sulawesi, Sumatera, Jawa Timur, dan Jawa Barat,” tutur Reza.

Diharapkan, acara tersebut menjadi salah satu jalan untuk mengangkat potensi-potensi Tasikmalaya, kota dan kabupaten, ke level lebih luas. Beberapa potensi yang diliriknya adalah salak Cineam dan mendong. “Kita berharap, melalui kegiatan ini potensi-potensi lokal semakin terangkat,” tandasnya. [Jay]

Komentari

komentar