Informasi

Aher Klaim, Empat dari Lima Kampus Terbaik di Indonesia Ada di Jawa Barat

initasik.com, informasi | Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengklaim, empat dari lima perguruan tinggi terbaik di Indonesia ada di Jawa Barat, yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Padjadjaran. Sementara yang satu adalah Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

“Universitas Indonesia itu seluruh kawasannya 7/8 masuk wilayah Jawa Barat,” ujar pria yang akrab disapa Aher itu saat menghadiri seminar kewirausahaan di SMAN 1 Tasikmalaya, Selasa, 9 Januari 2018.

Keberadaan kampus-kampus terbaik itu mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga Jawa Barat yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Syaratnya satu, yaitu mempunyai kompetensi unggulan sehingga mampu bersaing dengan yang lain.

Aher mengatakan, Jawa Barat akan kalah bila harus bersaing dengan Kalimantan atau Papua dalam soal sumber daya alam. Tapi, dalam hal sumber daya manusia, pasti mampu. Bisa jauh lebih unggul.

“Jarang ada warga Jawa Barat yang kuliah di luar Pulau Jawa, tapi sebaliknya. Kita tetap harus bisa bersaing dengan mereka, karena siapapun warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama dalam pendidikan,” terangnya.

Menurutnya, saat ini adalah eranya persaingan bebas. Siapa yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dia yang akan menjadi pemenang. Tidak ada cara lain selain memperluas akses bagi tunas-tunas bangsa mendapatkan pendidikan yang layak.

“Perguruan tinggi di Jawa Barat harus banyak. Selama sepuluh tahun terakhir ini kita mendirikan kampus-kampus baru dan membuka kampus-kampus daerah. Beberapa waktu lalu kita buka Unpad di Pangandaran. Ada juga IPB di Sukabumi. Itu semua kita hadirkan supaya daya tampungnya lebih banyak. Kampus-kampus baru kita syaratkan agar 80 persen mahasiswanya adalah warga Jawa Barat,” beber Aher. [Dan]

 

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?