Informasi

Airsoft Gun, Permainan yang Mengasah Konsentrasi dan Kesabaran


initasik.com, informasi | Dulu, permainan airsoft gun (replika senjata) hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu. Menengah ke atas. Alat-alatnya mahal. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Kini, keadaan sudah berubah. Tidak lagi mahal. Yang dijual puluhan ribu juga ada. Bisa dibeli di toko mainan. Kualitasnya cukup masuk standar. Apalagi kalau dimodifikasi. Karenanya, semua kalangan dan usia sudah bisa menikmati permaianan tersebut.

“Di komunitas kami ada yang andal mengubah alat. Harganya Rp 100 ribu. Tapi tidak diupgrade juga sudah tancap gas. Bisa langsung dipakai,” sebut Erik Supriadi, ketua Pasukan Husus Bebedilan (PHB) Airsoft Gun Club, saat ditemui di rumahnya, Situ Dukun, Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari, Kota tasikmalaya.

Ia menjelaskan, airsoft gun merupakan permainan yang bisa menjadi fasilitas outbond terbaik. Selain bermanfaat untuk kemampuan fisik dan mental, juga berguna untuk mengasah keterampilan dan membentuk karakter.

Permainan tersebut menggunakan konsep simulasi perang yang mengutamakan strategi, berpikir cepat, dan berani mengambil risiko untuk mengambil keputusan dalam keadaan tertekan. “Melatih kejujuran juga, dan meningkatkan konsentrasi, kesabaran, serta kedisplinan. Misalnya, ketika kita menyerang jam berapa, telat sedikit saja kita bakalan kalah. Bisa menghilangkan stres juga. Intinya olahraga ini tidak terasa capenya, tahu-tahu sudah keluar keringat,” tutur pria yang berprofesi guru itu.

Menurutnya, airsoft gun adalah bentuk modern dari permainan tempo dulu, yaitu bebedilan atau tetembakan yang menggunakan bambu. Sebagian menyebutnya peupeuleutokan dan bebentengan. Pola permainan ini sama persis mengadu strategi untuk mempertahan sesuatu. Walaupun alat yang digunakan berbeda, namun subtansi dari permainan tersebut sama.

Erik menerangkan, PHB Airsoft Gun Club merupakan komunitas olahraga rekreasi dan hobi. Mereka rutin menggelar kegiatan skrimish (peperangan) di perkebunan Jati Tamansari setiap Minggu. Keanggotaan yang aktif sebanyak 25 orang dari berbagai usia dan kalangan. [Syepul]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?