Peristiwa

Akhirnya SDN 3 Ciawang Punya Lapang

Kabupaten Tasik | Para guru dan siswa SDN 3 Ciawang, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, mulai bernapas lega. Mereka bakal punya lapang upacara dan olahraga di depan sekolah.

Hj. Elin, tokoh setempat, mempersilakan warga SDN 3 Ciawang memanfaatkan lahan kosong miliknya yang sudah di benteng itu untuk digunakan bagi kemajuan pendidikan. Kini, para siswa dan guru tengah bergotong royong membersihkan lapang itu secara bergiliran.

“Ini yang sedang bergotong royong adalah siswa kelas lima dan kelas empat,” kata Cahyaman SPd, guru olahraga SDN 3 Ciawang, di sela gotong royong.

Menurutnya, tanah yang luasnya sekitar 200 meter itu akan digunakan untuk lapang voli, futsal, dan upacara bendera setiap Senin atau hari-hari besar lainnya. Tempatnya strategis. Sarana untuk parkir bisa menggunakan kiri-kanan jalan besar.

Bukan hanya tanah, pihaknya pun mendapat bantuan dari para pemuda setempat yang peduli dengan memberi bola voli dan futsal. Bahkan, kata Cahyaman, rumah yang kosong di seberang jalan sudah dipersilakan pemiliknya untuk dipakai menyimpan peralatan olahraga dan ganti pakaian para siswa.

Selama ini, untuk olahraga, guru sering mengajak siswa mencari lahan kosong atau berlari di  jalan raya, sehingga pembinaan siswa dalam jadi terkendala lapangan. Tidak heran bila prestasi dalam bidang olahraga masih minim.

Lantaran terkendala lapangan, untuk pelajaran olahraga lebih banyak teori di kelas, ketimbang praktik. Kalaupun ada praktik, hanya senam dan lari di jalanan. Bila ada halaman atau lapang milik penduduk yang kosong, baru digunakan latihan voli, sepakbola, dan yang lainnya.

Tak lama lagi, cerita seperti itu akan menguap bersama waktu. Siswa SDN 3 Ciawang bakal punya lapang untuk olahraga dan upacara. initasik.com|den

Komentari

komentar