Peristiwa

Aksi Para Pelatih Tapak Suci Hancurkan Tumpukan Bata dengan Tangan Kosong

initasik.com, peristiwa | Para pelatih pencak silat Tapak Suci beraksi dalam pembukaan Kejuaraan Daerah Pencak Silat Wali Kota Cup I, di GOR Dadaha Kota Tasikmalaya, Senin, 2 Oktober 2017.

Mereka menghancurkan bata yang merupakan campuran pasir dan semen dengan tangan kosong. Satu persatu unjuk kabisa. Ada yang mematahkan dua bata, empat, sampai delapan tumpukan bata. Ancang-ancang, tarik napas, ayunkan tangan….prakkkk!

Bukan hanya menggunakan tangan. Ada juga yang memecahkannya dengan dahi dan sikut. Yang depalan tumpukan bata itu dihancurkannya dengan sikut dalam satu gerakan. Tujuh bata patah, satu utuh.

Tak cukup sampai sana. Aksi dilanjutkan dengan memecahkan lempengan batu di atas kepala dan perut. Tak kepalang tanggung, memecahkannya dengan martil besar. Para hadirin berdecak kagum. Tepuk tangan membahana.

Asep Iman, salah seorang pelatih “Tapak Suci”, menjelaskan, yang ia dan rekan-rekannya lakukan sama sekali tidak ada kaitannya dengan mistis. “Itu murni olah tenaga dan pernapasan. Tidak ada klunak-klenik,” tandasnya.

Menurutnya, siapapun bisa melakukan hal tersebut asal tahu caranya. Tentu harus melalui latihan intensif. Tidak instan. “Saya bergabung dengan Tapak Suci sejak 1984. Waktu masih SMA. Sampai sekarang masih aktif,” ujarnya. [Jay]