Informasi

Alasan Pemkot Tasik Buat Jalan Pasar Wetan Satu Arah Lagi


initasik.com, informasi | Tak lama setelah dilantik sebagai Wali Kota Tasikmalaya pada periode pertama, 2012 s.d. 2017, Budi Budiman membuat aturan yang membolehkan Jalan Pasar Wetan dilalui kendaraan dari dua arah. Kebijakan tersebut memancing polemik.

Budi, yang saat pilkada 2012 didukung oleh Mayasari Grup, pemilik Mayasari Plaza, pusat perbelanjaan yang berada di Jl. Pasar Wetan, dinilai telah membuat kebijakan yang menguntungkan pengusaha. Kendati banyak masyarakat yang protes, karena membuat jalan tersebut macet, Budi bergeming.

Kini, setelah lima tahun berlalu, Budi mengubah lagi kebijakan dua arah itu. Di periode kedua menjabat wali kota, Budi, yang dalam pilkada 2017 tidak didukung Mayasari Grup, menutup kembali Jl. Pasar Wetan. Jadi satu arah lagi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya, Aay Zaini Dahlan, mengatakan, alasan kenapa dulu Jl. Pasar Wetan dibuat dua arah, karena banyaknya pedagang kaki lima. “Tapi ketika sudah diberlakukan dua arah, ternyata masih tidak ada perubahan. Masih tetap terjadi antrean kendaraan. Makanya sekarang kembali disatuarahkan lagi,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Kamis, 26 April 2018.

Begitupun dengan jalan-jalan lain yang kini diberlakukan sistim uji coba rekayasa lalu lintas. Aay berdalih, semua itu telah melalui beberapa pertimbangan. “Intinya kami melakukan hal itu bukan karena kepentingan-kepentingan tertentu. Kami melakukannya agar lalu lintas bisa kembali lancar, meskipun akan ada plus minusnya,” tandasnya. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?