Nicke remaja (berbaju kuning) | Dok. Pribadi
Inspirasi

Alumnus SMAN 1 Tasikmalaya Jadi Direktur Utama Pertamina

initasik.com, inspirasi | Penetapan Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama Pertamina menjadi kabar gembira bagi warga Kota Tasikmalaya, terutama keluarga besar SMAN 1 Tasikmalaya. Nicke adalah alumnus sekolah yang berada di Jalan Rumah Sakit itu.

Dedi Kartiwa, guru Kimia sekaligus guru les Nicke di rumah, mengaku bangga atas kesuksesan anak didiknya. Ia mengatakan, kecerdasan Nicke sudah terlihat sejak duduk di bangku SMA. Ulet juga.

“Ia tidak pernah menyerah dalam hal apapun, termasuk dalam belajar. Kalau materi belum dikuasai, ia selalu terus mencoba. Dia itu punya rasa penasaran yang tinggi,” ujar Dedi saat ditemui di sekolah, Kamis, 30 Agustus 2018.

Selain ulet, Nicke juga merupakan sosok yang memiliki daya serap tinggi terhadap pelajaran, sehingga saat jam istirahat, Nicke selalu dikerumuni oleh teman-temanya yang belum memahami materi yang telah diajarkan.

Di kelas, kata Dedi, Nicke selalu masuk rangking lima besar dan tidak pernah membeda-bedakan mata pelajaran. Materi apapun dipelajari dengan sunguh-sungguh. Tidak pernah menganaktirikan pelajaran.

Kebanggaan serupa diutarakan Nia Kurnia Iskandar, salah seorang guru yang pada saat itu mengajar pelajaran keterampilan. Ia bersyukur, bahwa si kecil mungil (julukan Nicke oleh Nia) yang saat itu pernah ia didik menjadi salah satu orang penting di negeri ini.

Menurutnya, Nicke merupakan sosok yang baik hati dan tidak pernah membeda-bedakan teman walaupun ia terlahir dari keluarga yang berada. “Sifatnya itu selalu rumpun dalam berteman. Ia juga sosok yang selalu fokus untuk mengejar cita-citanya. Sejak duduk di SMA, Nicke punya cita-cita ingin masuk ke ITB, dan itu tercapai,” papar Nia.

Mereka berharap, dengan ditunjuknya Nicke sebagai Dirut Pertamina bisa membawa angin segar bagi salah satu badan usaha milik negara itu serta mampu menjaga amanah dan menjalankan kewajiban dengan baik.

Wakasek Humas SMAN 1 Tasikmalaya, Wawan Samsul Nugraha, mengatakan, sejak dulu SMAN 1 Tasikmalaya selalu berhasil mencetak lulusan-lulusan yang siap bersaing di ranah nasional.

“Banyak lulusan-lulusan kita yang sudah berhasil, misalnya mantan Kapolri pak alm. Banurusman Astrosemitro, kemudian di Jawa Barat ada Pak Anton Charliyan, banyak yang memegang peranan penting di Indonesia ini,” sebutnya.

Wawan menambahkan, Nicke merupakan lulusan 1986, satu angkatan dengan Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto. Meskipun berada di daerah, SMAN 1 Tasikmalaya sudah memberikan kontribusi yang baik bagi negara ini. [Eri]