Edukasi

Anak-anak SMAN 2 Tasik Pandai Bermain “Judi”

Kota Tasik | Anak-anak SMAN 2 Tasikmalaya rupanya pandai bermain “Judi”. Tangan-tangan mereka sangat terampil bak ahlinya. Penuh percaya diri, meski harus bermain di depan kepala sekolah mereka Aam Abdullah, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, dan Rektor Unsil Prof. Rudi Priyadi.

Perpaduan suara angklung yang digabung dengan perkusi dan alat musik lainnya berhasil menghibur para siswa dan undangan dalam pembukaan Edu Fair di Graha Bakti Alumni SMAN 2 Tasikmalaya, Rabu, 20 Januari 2016. Lagu “Judi” milik Soneta Grup itu menjadi pembuka acara yang ciamik.

Tedi Kustendi, guru seni musik yang juga pembina Depot Kreasi Seni Siswa (Dekressi) SMAN 2 Tasikmalaya, menyebutkan, anak-anak yang bermain “Judi” itu tergabung dalam Awisada Dekressi. Pemainnya mencapai 120 orang.

Selain angklung dan gamelan, ada juga perkusi yang memanfaatkan kaleng bekas cat dan jerigen. “Sumber bunyi itu kan berbeda-beda. Makanya kita menggunakan kaleng, jerigen besar dan jerigen kecil,” sebutnya seraya menjelaskan, Awisada itu akronim dari awi disada (berbunyi) atau awi SMA 2, dan dibentuk sejak 2008.

Menurutnya, kedewasaan anggota Awisada Dekressi dalam bermusik tidak diragukan lagi. Mereka sudah bisa mengaransemen lagu sendiri, termasuk lagi “Judi” itu. “Kami hanya mengontrol. Sudah dua tahun kami tidak pernah membuat aransemen. Mereka yang buat sendiri,” ujarnya.

Di Dekressi, sambung Tedi, semua potensi kesenian siswa dirangkul, mulai seni musik, seni rupa, teater, tari, dan lain-lain. “Kami ingin mengarahkan potensi anak-anak. Jangan sampai mereka liar dalam berekspresi, tanpa arahan dan bimbingan,” tandasnya.

Kendati sudah dibentuk sejak 2008, Awisada Dekressi baru tampil di luar sekolah mulai 2010. Selain menjadi finalis Pasanggiri Angklung Jawa Barat di Bandung, Awisada pernah menjadi juara dalam Telkomsel School Community. “Murid-murid yang boleh ikut Awisada Dekressi adalah kelas 10 dan kelas 11, karena kelas 12 harus fokus menghadapi Ujian Nasional,” imbuhnya. initasik.com|shan

Komentari

komentar