Informasi

Anggaran Minim Jadi Alasan Kurang Maksimalnya Penanganan Sampah di Kota Tasik

initasik.com, informasi | Pemkot Tasikmalaya jorjoran membangun tugu dan taman yang menelan biaya puluhan miliar rupiah. Tahun ini, pemerintah berencana membuat air mancur di Taman Kota dengan anggaran Rp 1,5 miliar.

Di tengah gencarnya pembangunan aksesoris kota, persoalan sampah belum diatasi maksimal. Sampai saat ini masih ada tumpukan sampah di banyak titik. Meruyak di pinggir-pinggir jalan dan trotoar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, Dudi Mulyadi, mengatakan, pihaknya belum bisa maksimal menangani permasalahan sampah lantaran keterbatasan armada dan personel. “Kita hanya punya 19 truk sampah, truk amrol ada kurang lebih 15 dan motor roda tiga ada 30 unit,” sebutnya saat diwawancara di sela musrenbang sektoral lingkup Dinas Lingkungan Hidup, di aula Dinas PUPR, Kamis, 15 Februari 2018.

Dudi menyebutkan, idealnya memiliki minimal 60 truk pengangkut sampah untuk bisa mengangkut sampah di seluruh titik. Namun, kondisi itu sulit dipenuhi, karena keterbatasan anggaran.

“Selama ini untuk sarana kami masih mengandalkan bantuan dari Pusat, apalagi alat berat. Dari APBD ada, cuman kalau untuk membeli alat berat rasanya akan memakan anggaran yang sangat besar,” dalihnya.

Ditanya program di 2018, Dudi mengaku masih sama seperti tahun sebelumnya. Pihaknya akan berusaha keras untuk menangani persoalan sampah di Kota Tasikmalaya. “Kalau soal sarana dan prasarana itu bukan alasan untuk tidak memberikan pelayanan yang maksimal, kami akan tetap berusaha maksimal di tengah keterbatasan yang kami miliki,” tandasnya. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?