Birokrasi

Anggaran untuk Desa Besar, Hati-Hati Godaan Korupsi

initasik.com, birokrasi | Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Tasikmalaya, E.Z Alfian, mengingatkan para kepala desa untuk tidak tergoda melakukan korupsi.

Sekali tergoda, siap-siap mendekam di balik jeruji besi, seperti yang dirasakan kepala Desa Sukahening, UDA. Ia telah ditetapkan sebagai tersangka, karena diduga korupsi dana desa yang nominalnya lebih dari Rp 800 juta.

Alfian menegaskan, pihaknya sudah sering mengingatkan para perangkat desa agar tidak melanggar hukum dalam penggunaan dana desa, karena memang uang yang masuk desa jumlahnya sangat besar. “Kami sudah mewanti-wanti seluruh kepala desa agar dalam penggunaan anggaran dana desa sesuai aturan,” ujarnya dalam satu kesempatan.

Menurutnya, kasus yang menimpa UDA, seharusnya tidak terjadi jika para kepala desa berjalan di atas koridor hukum yang semestinya. Jika seluruh desa bisa menaati segala aturan dengan baik, tentu tidak akan ada masalah di kemudian hari. [Moh/initasik.com]