Ilustrasi | Dok. initasik.com
Birokrasi

Anggota Dewan Sindir Sekda Abdul Kodir yang Tak Pernah Hadir dalam Rapat

initasik.com, birokrasi | Pembahasan dan penyusunan anggaran oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang dibatasi oleh waktu membuat seluruh anggotanya harus bekerja keras. Seringkali rapat digelar sampai dini hari, di gedung dewan.

“Ini momentum bagi kami dalam bekerja untuk rakyat, karena di tangan kami saat inilah ada atau tidak adanya kegiatan tahun depan yang mengakomodir kepentingan masyarakat. Cape sudah pasti, kemudian ada pusingnya juga membuat skala prioritas anggaran. Semua program yang disampaikan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Sedangkan di sisi lain, anggarannya terbatas juga,” papar anggota Banggar DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Dr. Basuki Rahmat, Kamis, 24 Agustus 2017.

Kendati rapat tersebut telah berjalan dua pekan lamanya, namun Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Sekda Abdul Kodir, tidak pernah hadir sekalipun dalam pembahasannya.

“Belum pernah hadir sejak dilaksanakannya rapat ini. Saya sendiri kurang tahu alasannya. Padahal posisi dan jabatannya sangat krusial dalam menentukan kebijakan yang kami kritisi, ataupun yang akhirnya terpaksa kami coret karena memang ada skala prioritas lain yang lebih penting,” ujar Basuki. [Kus]