Peristiwa

Angka Kemiskinan di Kota Tasik Naik

initasik.com, peristiwa | Di tengah gencarnya pembangunan fisik di Kota Tasikmalaya, angka kemiskinan mengalami kenaikan. Sampai pertengahan tahun ini jumlah masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan ada sekitar 74 ribu orang.

Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Nana Rosadi, menyebutkan, angka tersebut meningkat apabila dibandingkan dengan sebelumnya. “Kalau tahun kemarin, jumlahnya ada sekitar 73 ribu,” sebutnya, Senin, 3 September 2018.

Menurutnya, ada beragam faktor yang mempengaruhi naiknya angka kemiskinan, mulai dari tingkat pendidikan yang rendah sampai buruknya pengelolaan kepemilikan lahan pertanian, sehingga lahan tersebut menjadi tidak produktif.

Ia mencontohkan, ada petani yang menjual lahannya demi mendapatkan uang besar dalam waktu cepat, tetapi ke depanya mereka malah menjadi buruh tani, sehingga pendapatannya jauh lebih kecil dibandingkan saat memiliki lahan.

Terkait upaya pengentasan kemiskinan, Nana berdalih, pemerintah sudah melakukan beragam cara, mulai pemberdayaan dan perlindungan, baik melalui pendidikan, kesehatan, serta Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). “Semua itu sudah kita lakukan, dan akan terus dioptimalkan,” tandasnya. [Eri]