Informasi

Angka Pengangguran di Kota Tasik Meningkat

initasik.com, informasi | Dibanding sebelumnya, tingkat pengangguran di Kota Tasikmalaya mengalami peningkatan. Kini, angka pengangguran naik satu digit lebih. Pada 2015, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya, angka pengangguran kisaran 5,4 persen.

Saat ini, menurut Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, angkanya 6,5 persen. “Sudah menjadi komitmen kami, lima tahun ke depan itu bisa mengurangi angka pengangguran. Angka pengangguran kita di kisaran 6,5 persen, sedangkan penyerapan tenaga kerja diangka 63,8 persen. Ini harus kita dorong, salah satu solusinya itu kita akan mencetak 5000 wirausaha baru dan mempertemukan dunia usaha dengan para pencari kerja,” tutur Budi usai membuka pameran lowongan kerja di Gedung Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya, Senin 16 April 2018.

Menurutnya, penyerapan tenaga kerja di Kota Tasikmalaya belum maksimal. Masih memerlukan dorongan. Salah satu solusinya menjadi fasilitator bagi para pencari kerja. Mempertemukan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan para pencari kerja.

“Diperkirakan, melalui Job Fair ini akan mampu menyerap sekitar 1.500an tenaga kerja. Ada 24 perusahaan yang sudah masuk. Kadang-kadang mereka bingung ke mana cari tenaga kerja, nah ini bagian kita tugasnya. Perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja kita undang,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berusaha memberikan kemudahan kepada pemilik modal untuk berinvestasi di Kota Tasikmalaya melalui penghapusan izin  fatwa lokasi, izin gangguan dan lain-lain.

“Kita mendorong agar iklim di Kota Tasikmalaya menarik investasi masuk, sehingga tercipta lapangan kerja. Kalau sudah banyak yang bekerja, saya yakin kemisikinan juga akan berkurang,” papar Budi. [Millah]

Komentari

komentar