Kus | initasik.com
Peristiwa

Angkutan Umum di Terminal Indihiang Tasikmalaya Banyak yang Bermasalah

initasik.com, peristiwa | Angkutan umum, seperti bus dan elf, di Terminal Tipe A Indihiang Kota Tasikmalaya banyak yang bermasalah. Selain ban gundul, ada juga kendaraan yang tidak dilengkapi rem tangan. Yang menyelewengkan trayek pun ada.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya, Yono Suharyono, menegaskan, kendaraan-kendaraan yang bermasalah itu disuruh balik kandang. Dikembalikan lagi ke perusahaannya. “Kalau yang menyelewengkan trayek, kami tilang,” ujarnya usai memeriksa kendaraan, Rabu 3 Mei 2017.

Menurutnya, pemeriksaan itu dilakukan menyusul banyak terjadinya kecelakaan lalulintas yang menimbulkan korban jiwa akibat kendaraan yang tidak layak jalan. Satu persatu bus diperiksa, mulai dari surat-surat hingga kondisi kendaraan.

“Sebenarnya pemeriksaan dan pengujian dengan masuk ke terminal ini rutin dilaksanakan setiap hari. Para pengusaha pun secara berkala melakukan uji kendaraannya ke kantor Dinas Perhubungan,” sebut Yono.

Ia menyebutkan, di terminal Indihiang itu sedikitnya ada 60 kendaraan angkutan umum yang keluar masuk. Diharapkan, semua kendaraan itu layak jalan, sehingga tidak merugikan siapapun, terutama penumpang. [Kus]

Komentari

komentar