Informasi

Aquascape; Bukan Lagi Milik Ikan Hias, Kini Akuarium Mulai Ditempati Tumbuh-tumbuhan

initasik.com, informasi | Sejak lama, akuarium identik dengan ikan hias. Tapi kini, ikan-ikan nan cantik itu tak lagi mendominasi tempat berbahan kaca bening tersebut. Bahkan, mereka tidak ada sama sekali di sana. Yang ada hanyalah tumbuh-tumbuhan dan ornamen lainnya yang dikemas sedemikian rupa, sehingga jadilah pemandangan yang menarik. Namanya aquascape.

Kini, seni mendekorasi flora dalam kotak kaca itu sedang banyak digandrungi. Salah satunya Andi Setiadi, 30 tahun. Ia tengah keranjingan menciptakan ekosistem buatan yang tampak alami.

Saking hobinya, saat ini Andi memiliki delapan aquascape dengan panorama beragam, mulai yang bertema padang rumput, hutan, sampai bebatuan. Pada awalnya, obsesi Andi terhadap aquascape sempat terkendala karena biaya.

Pasalnya, modal untuk membuat aquascape sendiri tergolong mahal. Menurutnya, untuk membuat satu buah aquascape dengan peralatan lengkap, dibutuhkan setidaknya Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.

“Rata-rata sih yang mahalnya itu perlengkapan injek CO2 untuk tanaman berfotosintesis dan keperluan tanaman untuk menghirup CO2. Tabungnya saja sudah Rp 500 ribuan untuk ukuran sekitar 40 ml. Belum selang, reaktor, regulator CO2, check valve, bubble counter, dan diffuser,” jelasnya.

Namun, ia mengakalinya dengan membuat alat penghasil CO2 sendiri dari botol bekas, gula pasir, backing powder, dan ragi instant. “Harganya jauh lebih murah apabila kita membuat gas CO2 sendiri,” katanya.

Warga Kampung Rawagirang, Desa Linggamulya, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, itu menyebutkan, jika ingin membuat aquascape dengan biaya minim, bisa menggunakan jenis tanaman yang mudah tumbuh tanpa memerlukan banyak gas CO2.

“Biasanya kan kalau aquascape yang lengkap itu untuk keperluan tanaman yang haus akan gas CO2. Nah, kalau mau bikin aquascape dengan budget minim, solusinya cari tanaman yang tidak terlalu haus akan CO2,” sebutnya.

Menurutnya, beberapa jenis tanaman yang bisa menjadi alternatif untuk membuat aquascape dengan biaya terbatas, yaitu java moss, carpet seeds, christmas moss, java fern, anubias, dan lilaeopsis. Sedangkan jenis tanaman yang haus akan CO2 di antaranya Crinum Calamistratum, elatine triandra, dan marsilea hirsuta.

Menurutnya, di Tasikmalaya, penjual tanaman aquascape masih jarang. Kalaupun ada, baru satu atau dua orang saja. Selain sebagai hiasan, aquascape juga bisa menjadi alat untuk melatih kreativitas dan sebagai media untuk menghilangkan rasa penat dan stres.

“Karena indah tidaknya sebuah aquascape itu tergantung dari si pembuat. Maka kreativitas kita akan diuji di sini, bagaimana cara menempatkan suatu obyek agar enak dilihat dan bagaimana cara agar kita bisa membuat sebuah panorama yang mirip dengan aslinya,” pungkasnya. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?