Ilustrasi | Dok. initasik.com
Informasi

Arus Mudik Lebaran Belum Ditunjang Infrastruktur Jalan Memadai

initasik.com, informasi | Pemerintahan Jokowi-JK fokus pada pembangunan infrastruktur jalan. Ribuan triliun rupiah sudah digelontorkan untuk merealisasikan proyek-proyek pembangunan infrastruktur di setiap daerah, termasuk di Kota Tasikmalaya.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan, program Jokowi yang lebih menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur terutama jalan, manfaatnya akan terasa saat menjelang lebaran, terutama saat arus mudik-balik.

Menurutnya, tradisi mudik-balik yang terjadi setiap tahun di Indonesia itu memang harus didukung oleh infrastruktur jalan yang memadai. Di Kota Tasikmalaya, Budi mengaku, kondisi infrastruktur jalan yang sering dipakai untuk jalur mudik masih belum optimal, misalnya jalur utara.

Kendati begitu, Budi akui pemerintah masih terus berusaha membuat solusi. Misalnya dengan membangun Jalan Mangin dan Lingkar Utara. “Jalur mangin salah satunya untuk mengurai kemacetan, begitu pula dengan lingkar utara, meskipun mungkin belum selesai. Tapi saya yakin kalau jalur lingkar utara beres, bisa mengurai kemacetan,” kata budi saat ditemui di Bale Kota, Kamis, 24 Mei 2018.

Budi menargetkan, jalur lingkar utara itu bisa rampung pada 2020. Akan tetapi, harapan jalur lingkar utara bisa mengurai kemacetan saat ini masih harus disiasati dengan alternatif lain. “Kami akan bekerja sama dengan pihak Polresta serta Dishub agar terus memantau arus kendaraan, situasi kelancaran jalan, dan terus berkoordinasi untuk bisa mengurai kemacetan,” tuturnya. [Eri]