Pusat kerajinan Rajapolah merupakan salah satu sentra ekonomi di Kabupaten Tasikmalaya bagian utara | Dok. initasik.com
Ekbis

Asah Kompetensi, Jangan Jadi Penonton di Rumah Sendiri

initasik.com, ekbis| Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mencanangkan wilayah bagian utara sebagai kawasan industri. Akses jalannya mendukung, dan merupakan jalan nasional penghubung antarprovinsi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya, Heri Sogiri mengatakan, wilayah utara Kabupaten Tasik sangat cocok untuk dijadikan kawasan industri. “Apalagi nanti bila rencana jalan tol Cileunyi – Garut – Tasikmalaya sudah terealisasi. Ini akan memudahkan moda trasportasi yang diperlukan oleh kawasan industri,” ujarnya dalam satu kesempatan.

Saat ini, wilayah Tasikmalaya Utara sudah diisi beberapa industri, seperti garmen, furnitur, hingga kerajinan dengan penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak. Diharapkan, warga mempersiapkan diri dan selalu mengasah kompetensi, sehingga bisa berkiprah saat kawasan industri mulai berjalan.

“Harus dipersiapkan pula keahlian masyarakatnya agar mampu terserap dalam kebutuhan tenaga kerja, ketika nantinya kawasan industri ini sudah jalan. Jangan sampai hanya jadi penonton di rumah sendiri,” tuturnya.

Menurut dia, Pemkab Tasikmalaya sudah berkomitmen dengan beberapa perusahaan yang ada untuk memprioritaskan lapangan kerja untuk masyarakat sekitar. Komitmen itu sudah dituangkan dalam nota kesepahaman. [jay/initasik.com]