Dok. DPRD Kota Tasikmalaya
Informasi Parlemen

Bagaimana Awal Mula Kang AW Masuk Politik?

initasik.com, informasi | Pengalaman Agus Wahyudin dalam dunia perpolitikan khususnya di Kota Tasikmalaya sudah tak diragukan lagi. Ia beberapa kali memegang jabatan dalam lembaga legislatif itu. Lantas, bagaimana awal mula Agus terjun ke dunia politik?

Ditemui dalam satu kesempatan, Agus mengaku awalnya tak memiliki cita-cita untuk menjadi seorang legislator. Justru, sejak kecil cita-citanya menjadi seorang Kiai.

“Dulu di Kampung saya kan ada banyak ulama yang cukup dikenal di Kota Tasikmalaya. Dari sana saya punya cita-cita untuk menjadi seorang kiai,” paparnya, Selasa, 22 Maret 2022.

Karier Agus di dunia politik, diawali sejak lulus advokat pada tahun 2001. Menurutnya, kala itu ia diminta bantuan untuk mengurusi masalah dalam tubuh PPP oleh salah seorang rekannya yang juga merupakan anggota partai tersebut.

Singkat cerita, Agus pun mulail dekat dengan organ partai dan ditunjuk sebagai Sekretaris Angkatan Muda Ka’bah (AMK) Kota Tasikmalaya yang merupakan sayap pemuda dari partai berlambang ka’bah itu.

Menurutnya, dari penunjukan inilah karier politik Agus kian bersinar. Melalui AMK, ia mulai mengenal para petinggi DPC PPP Kota Tasikmalaya.

“Saya lalu masuk ke Ranting, naik ke PAC, lalu ke DPC. Prosesnya mengalir. Nah, pada tahun 2004 saya ketemu sama para petinggi PPP dan disuruh milih jadi PNS atau masuk ke DPRD. Saya lalu memilih untuk menjadi dewan. Setelah melalui beberapa tahapan pemilu akhirnya saya berhasil dan menjabat sebagai Komisi A yang membidangi hukum pemerintahan,” paparnya. (wrd)