Peristiwa

Bagaimana Bila Ada Gerhana?

Kota Tasik | Gerhana bulan total diprediksi akan terjadi besok, Sabtu, 4 April 2015. Diperkirakan, awal kontak mulai pukul 17:15 WIB sampai 20:44 WIB. Bagaimana sikap umat muslim saat terjadi gerhana? Apa saja yang harus dilakukan?

“Segera masuk masjid, karena khawatir terus terjadi kiamat,” ujar Ketua Pimpinan Daerah Persatuan Islam Kota Tasikmalaya, Aep Saepudin, mengutip salah satu hadist. Ia meneruskan, sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari sekian banyak tanda kekuasaan Alloh.

Menurutnya, saat terjadi gerhana, baik bulan atau matahari, Rasulullah Saw mencontohkan dengan masuk masjid dan menggemakan takbir. Mirip takbiran Idul Fitri atau Idul Adha.

Terkait gerhana bulan yang akan terjadi besok, Ustadz Aep merinci, takbiran dilakukan sehabis sholat magribh. Kemudian, sholat sunat setelah berjamaan Isya, dan diteruskan khutbah. “Setelah khutbah dilakukan pengumpulan dan pembagian sedekah,” ujarnya.

Ia menambahkan, di sela takbiran, disunnahkan berdoa. “Lebih baik doanya khusus minta ampunan. Pakai bahasa kita saja. Dalam hati. Rasul tidak mencontohkan redaksi doanya, tapi diharuskan berdoa,” tandasnya. initasik.com|ashani

Komentari

komentar