Peristiwa

Balap Kerbau dan Domba Ramaikan Festival Layang-layang

initasik.com, peristiwa | Balap kerbau dan domba ramaikan festival layang-layang di Pantai Padabumi, Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Ahad, 6 Agustus 2017.

“Ini akan menjadi agenda tahunan kita. Tujuannya untuk menarik wisatawan berkunjung ke sini, sekaligus membuktikan Tasik Siap, terutama dalam bidang parawisata. Tahun depan harus lebih meriah lagi,” ujar Kepala Disparpora Kabupaten Tasikmalaya, Asep Saeful Bahri, di sela acara.

Menurutnya, acara serupa di tahun depan akan dibuat lebih menarik lagi dengan peserta semakin banyak. “Kita akan buat kreasi lain. Bahkan, Pak Bupati telah memerintahkan semua dinas dan kecamatan harus berpartisipasi dalam acara ini,” sebutnya.

Selama acara berlangsung, masyarakat antusias melihat agenda yang kali pertama digelar di pantai yang bersebelahan dengan Karangtawulan itu. Salah satu yang  menyita perhatian masyarakat adalah balap lari domba dan kontes kecantikannya. Warga berkerumun melihat satu persatu domba yang dihias. Hawa panas pantai tak menyurutkan animo mereka.

Kustendi, pengurus Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia Kecamatan Cikalong, mengatakan, lomba lari dan kecantikan domba itu merupakan salah satu upayanya untuk memupus penilaian negatif masyarakat terhadap kompetisi yang melibatkan domba, seperti adu domba.

“Total yang ikut perlombaan ini ada 17 domba. Selain kontes kecantikan, kita juga adakan balap domba. Siapa paling cepat larinya, dia menang. Acara seperti ini membuat semangat kami untuk beternak dan merawat domba,” tuturnya.

Menurutnya, domba-domba yang diikutsertakan memang dikhususkan untuk dilombakan. Tapi, itu bukan berarti tidak boleh disembelih. Pada saatnya nanti, jika umurnya sudah tua, pasti disembelih untuk dikonsumsi.

Ditanya soal harga domba yang sering dikonteskan, Kustendi menjawab, itu tergantung umur dan gagah tidaknya domba. Ia mencontohkan, domba yang dinyatakan sebagai pemenang pada perlombaan di Pantai Padabumi itu kisaran harganya Rp 25 juta.

“Tapi ada juga yang Rp 40 juta sampai Rp 50 juta, bahkan Rp 100 juta. Yang saya tahu, ada juga domba seperti ini yang harganya Rp 200 juta. Selain gagah, mahalnya domba-domba itu juga sering memenangi kontes kecantikan,” paparnya. [Jay]