Jalur jeep adventure akan terus dibangun di objek wisata Cipanas Galunggung | Eri/initasik.com
Informasi

Bangkai Pesawat Terbang Bakal Disimpan di Gunung Galunggung

initasik.com, informasi | Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, berharap sektor pariwisata menjadi sumber penyumbang terbesar dalam pemasukan pendapatan asli daerah. Hal itu dikatakannya saat menghadiri silaturahmi komunitas Jeep se-Tasikmalaya, di kawasan wisata Cipanas Galunggung, Sabtu, 28 Juli 2018.

Menurutnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan PAD melalui pariwisata. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas objek wisata, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Untuk itu, Pemkab Tasikmalaya berencana membangun water boom, masjid besar, bungalow, dan rumah makan yang dibuat dari bangkai sebuah pesawat komersial, termasuk pembuatan jalur jeep.

“Kita ingin sama seperti di Dieng. Masyarakat bisa menikmati kawasan wisata gunung dengan menggunakan mobil jeep yang di dalamnya terdapat banyak spot wisata. Lahan yang disiapkan sekitar 100 hektar,” sebutnya.

Kelak akan ada kurang lebih 20 jalur trail jeep adventure yang akan disediakan di kawasan wisata Cipanas Galunggung. Saat ini progres pembangunan rute tersebut baru rampung tiga rute.

Untuk urusan pengelolaan, tidak hanya oleh pemerintah daerah, tetapi akan melibatkan semua pihak, termasuk Perhutani dan lainnya. Namun, pembangunannya dilakukan oleh masing-masing pihak, sesuai kapasitasnya. “Misalnya lahan Perhutani oleh Perhutani. Warga fokus di bidang penginapanya,” tambahnya. Ditargetkan, pembangunan semua itu rampung pada 2022. [Eri]