Ato Rinanto dan Puspa | Dok. initasik.com
Peristiwa

Banyak yang Ingin Jadi Orangtua Asuh Dimas dan Puspa


initasik.com, peristiwa | Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya banyak menerima pengajuan dari masyarakat yang ingin jadi orangtua asuh Dimas Raditya Gumilang dan Puspa Laksmi Dewi, dua anak yang ditingggalkan uwanya di Masjid Nurul Ikhlas, Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu, 16 Oktober 2017, lalu.

Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto, mengatakan, sudah ada 19 orang yang mengajukan jadi orangtua asuh, mulai masyarakat umum sampai ketua DPRD. Namun, pihaknya tidak bisa memutuskan sendiri untuk menerima atau menolak permohonan tersebut. Apalagi, sampai saat ini kepolisian masih mencari orangtua kandung mereka.

“Kalau ternyata nanti tidak berhasil menemukan kembali orangtua kandungnya, kami akan melakukan langkah-langkah selanjutnya, di antaranya mendengarkan pendapat dari instansi-instansi terkait untuk menentukan sikap apa yang harus diambil. Walaupun di dalam amanat surat itu ingin dipesantrenkan, tapi mereka masih kecil, sehingga perlu kasih sayang orangtua secara intensif,” tutur Ato.

Menurutnya, kendati saat ini mereka dirawat oleh keluarga Dirman, itu tidak serta mendapatkan hak asuh. Ada proses yang harus dilalui. Namun, bila Dirman menyatakan siap dan mampu merawatnya, KPAID siap memfasilitasinya.

“Jadi orangtua asuh itu bukan hanya harus mampu secara ekonomi, tapi yang lebih utama adalah kedekatan psiokologis dengan anak-anak. Kami melihat, dari pertemuan awal sampai hari ini ada kedekatan antara Dimas dan Puspa dengan keluarga Pak Dirman. Hubungan psikologisnya sudah terjalin dengan baik. Mereka terlihat nyaman di sana. Kami sangat berterima kasih kepada keluarga Pak Dirman,” paparnya.

Baca juga: Sudah Berusia Enam Tahun, Dimas Belum Tahu Angka dan Huruf

Ia menambahkan, sampai sekarang kepolisian masih mencari keberadaan orangtua kandung Dimas dan Puspa. Berharap dapat titik terang dari CCTV yang ada di sekitar masjid. “Mudah-mudahan dapat petunjuk dari CCTV itu,” harap Ato. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?