Ekbis

Banyaknya Hotel di Kota Tasik tidak Menurunkan Pemohon Kartu Kuning

initasik.com, ekbis | Banyaknya pendirian tempat perbelanjaan dan hotel baru di Kota Tasikmalaya ternyata tidak menurunkan angka pemohon kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja. Sampai akhir September 2017, ada 16.707 pembuat kartu kuning.

Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya, Heni, menyebutkan, dari 16 ribu lebih pemohon itu dominan lulusan SMA/sederajat.

“Tidak kelihatan pengaruhnya. Dengan adanya mal atau hotel baru, tidak membuat serta merta pemohon kartu kuning menurun drastis. Tidak,” tandasnya saat diwawancara usai mengikuti pembukaan wirausaha tenaga kerja mandiri, di Hotel Mangkubumi, Senin, 13 November 2017.

Menurutnya, tempat perbelanjaan dan hotel-hotel baru tidak pernah melaporkan jumlah karyawannya dan asal domisili. Seharusnya, kata Neni, mereka memberikan laporan ke Dinas Tenaga Kerja.

“Kita jadinya tidak tahu warga Kota Tasikmalaya yang bekerja di sana jumlahnya berapa banyak. Seharusnya mereka memberi laporan ke kita,” ujarnya.

Terkait banyaknya pemohon kartu kuning, Neni menjelaskan, selain didominasi oleh lulusan SMA/sederajat, mereka juga lebih ingin bekerja di dalam kota, meski di luar sana banyak lowongan pekerjaan. [Jay]

Komentari

komentar