Peristiwa

Barisan PNS dalam Upacara 17 Agustus Kacau di Bagian Belakang

initasik.com, peristiwa | Dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tingkat Kabupaten Tasikmalaya yang digelar di Lapang Jamilega, Desa Sindangkerta, Kecamatan Pageurageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat, 17 Agustus 2018, ada pemandangan yang tak elok.

Sejumlah PNS Pemkab Tasikmalaya tidak mengikuti upacara dengan khidmat. Di barisan depan tampak rapi, namun tidak demikian di barisan bagian belakang. Kacau. Ada yang asyik ngobrol, tak sedikit yang keluar barisan hanya untuk merokok dan duduk di tempat yang lebih teduh.

Padahal, jauh di ujung sebelah kiri barisan, ada para pelajar yang juga ikut sebagai peserta upacara. Mereka justru terlihat lebih khidmat dalam mengikuti upacara peringatan kemerdekaan Indonesia.

Bupati Tasikmalaya, Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, menyesalkan tingkah laku para ASN tersebut. Menurutnya, rasa nasionalisme dan patriotisme para oknum ASN itu patut dipertanyakan. “Apalagi mereka ASN. Seharusnya tidak seperti itu,” tandasnya.

Ia mengaku, hal itu salah satu kekurangan dari pihaknya dalam pembinaan untuk menanamkan rasa nasionalisme serta patriotisme kepada seluruh ASN di Kabupaten Tasikmalaya. Uu akan menegur para PNS yang tadi pagi kedapatan tidak mengikuti upacara secara khidmat. “Kita juga akan terus meningkatkan penanaman jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada mereka,” tambahnya. [Eri]