Syaiful Rahman menerima penghargaan | Ist
Ekbis

Baru Jalan Dua Tahun, klikQuick Sudah Diganjar Penghargaan

initasik.com, ekbis | Kendati baru berjalan dua tahun, klikQuick sudah diganjar penghargaan. Perusahaan asal Kota Tasikmalaya yang mengembangkan platform aplikasi marketplace berbasis transportasi online itu dinobatkan sebagai pemenang ketiga dalam kompetisi wirausaha muda pemula berprestasi tingkat Jawa Barat.

“Alhamdulillah, diberi amanah juara 3,” ujar Direktur Utama PT klikQuick Indonesia, Syaiful Rahman, Sabtu, 8 Juli 2017.

Menurutnya, kompetisi tersebut merupakan program Dinas Olahraga dan Kepemudaan Provinsi Jawa Barat. Salah satu semangatnya untuk mendukung program kewirausahaan yang dibangun para pemuda.

Ada lima bidang usaha yang diperbolehkan ikut, yaitu industri kreatif, perdagangan dan jasa, jasa boga, perikanan dan kelautan, serta pertanian dan peternakan. Rahman ikut kategori perdagangan dan jasa.

“Jumlah peserta yang mendaftar ada lebih dari 170. Kemudian diseleksi jadi 35 peserta, dan dipilih lagi 3 terbaik dari masing-masing bidang,” sebutnya.

Ia meyakini, kewirausahaan merupakan bagian dari proses belajar, bukan sekadar mencari keuntungan finansial, tapi juga harus memberikan kemanfaatan yang luas. “Dalam berwirausaha itu harus siap dengan mental, bukan hanya siap modal. Modal bisa dibilang nomor sekian, karena yang memiliki modal belum tentu akan menang,” tuturnya.

Disinggung sudah masuknya perusahaan yang juga menawarkan jasa transportasi berbasis online, Rahman menyikapinya dengan positif. Menurutnya, potensi market di Tasik luar biasa, sehingga perusahaan asal Jakarta itu tertarik membuka di Tasik.

“Saatnya klikQuick bisa head to head langsung dengan kompetitor untuk menaikkan kapasitas dan perbaikan, serta menguji kekuatan klikQuick. Kami memiliki layanan fitur sosial media dan marketplace,” papar Rahman.

Baca: KlikQuick; Aplikasi Transportasi Online Garapan Anak Muda Tasikmalaya

Ia menyebutkan, perusahaannya mulai dirintis pada Agustus 2015. Awalnya hanya berbasis call center atau operator. Sekarang sudah dikembangkan atau dikonversi ke berbasis aplikasi. Di klikQuick ada tiga layanan utama, yaitu transportasi online, marketsplace, dan media sosial. Saat ini yang sudah dirilis adalah transportasi online, yaitu ojek online, quick courier, pengiriman paket dan dokumen, jasa beli atau jasa produk (Quick Shop), serta sosial media. Untuk marketplace, yaitu Quick Food dan Quick Mart. [Jay]