Informasi

Basa-basi Berita Basi Situs Web Pemkot Tasik

initasik.com, informasi | Situs web Pemkot Tasikmalaya, tasikmalayakota.go.id, telah lama diganti. Perwajahannya baru. Beda dengan sebelumnya. Ada sembilan kategori yang bisa diakses. Salah satunya kategori berita. Namun, isinya basi. Di dalamnya hanya satu berita tertanggal 8 Januari 2018.

Kepala Dinas Komunikasi dan Infomatika Kota Tasikmalaya, Asep M Permana, berdalih, hal itu terjadi lantaran situs web masih dalam pengerjaan. “Dalam tataran proses, itu berkaitan dengan masalah apa yang diperlukan, di antaranya sumber daya manusia dan infrastruktur yang memadai,” tuturnya saat ditemui di kantornya, Rabu, 4 April 2018.

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah mengevaluasi untuk menyelesaikan website tersebut secepatnya. “Masih banyak kekurangan. Banyak yang perlu dibenahi. Setahap demi setahap. Mudah-mudahan ke depan itu bisa mempunyai progres sesuai RPJMD,” tandasnya.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS), Lilis, mengatakan hal yang sama. Menurutnya, saat ini situs web plat merah itu masih dalam pembenahan. “Kami sedang memperbaiki wadahnya terlebih dahulu. Otomatis, konten juga terhambat. Sambil menungu perbaikan, kita sedang menginventarisir setiap informasi agar lebih up to date,” paparnya.

Sementara itu, Pengendali Teknologi Informasi Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya, Rosita Kartikasari, mengatakan hal berbeda. Ia menjelaskan, situs web tersebut awalnya dibuat dan dikelola oleh pihak ketiga. Dulu sempat tidak aktif, karena ada masalah dengan pihak ketiga.

“Akhirnya kita membangun baru oleh tenaga outsourching. Sedangkan untuk pengelolaan, itu ada dua, yaitu oleh bidang AIP dan IKPS, kalau AIP itu bagian kami, bermain di sistem, kalau masalah konten, itu bagian IKPS,” jelasnya.

Ia menegaskan, seharusnya pengisian konten dilakukan setiap hari. “Kami, selaku bagian dari Aplikasi Informasi dan Persandian, untuk sistem website sudah 90 persen. Tinggal mengisi kontennya saja,” tandas Ari. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?