Peristiwa

Bayi Laki-laki Usia Lima Hari Dibuang di Warung


initasik.com, peristiwa | Bayi laki-laki yang diperkirakan berusia lima hari dibuang di sebuah warung, di Jl. Lingkar Gentong, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Senin, 27 November 2017, dini hari.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto, menjelaskan, bayi tersebut ditemukan pada pukul tiga dini hari oleh seorang warga bernama Tumin.

“Bayi itu dibungkus kain samping berwarna cokelat. Dibungkusnya itu seperti layaknya kita membungkus baju pakai kain samping. Diperkirakan, dibuangnya pada pukul dua dalam perjalanan dari Tasik menuju arah Bandung,” terang Ato.

Saat ditemukan, bayi tersebut tidak dalam keadaan menangis. Dibungkus kain dan disimpan di tempat duduk yang ada di warung. Ketika dibuka, ternyata di dalamnya bayi. Si pembuangnya tidak meninggalkan apapun, seperti popok atau baju ganti.

“Pak Tumin kemudian melapor ke Polsek Kadipaten. Pada pukul setengah empat, bayi itu dibawa ke kantor polisi. Pagi harinya, polisi bersama kami melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) untuk mengumpulkan informasi,” ujar Ato.

Ia menyebutkan, bayi tersebut beratnya 2,9 kg dan tinggi 51 cm. Tali pusarnya masih menempel. Hasil analisis, bayi tersebut dilahirkan dengan cara medis. Di tali pusarnya masih ada alat penjepit yang biasa digunakan bidan dalam proses persalinan.

“Kondisinya sangat sehat. Untuk sementara kami menitipkan bayi tersebut di Puskesmas Ciawi. Pertimbangannya, peralatan di sana sudah lengkap. Kami juga sudah melaporkan kejadian ini ke Polres Tasikmalaya Kota,” paparnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?