Informasi

Bayi Malang yang Dibuang di Warung Dibawa ke Bandung

initasik.com, informasi | Bayi malang yang dibuang di sebuah warung di Jl. Lingkar Gentong, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Senin 27 November 2017, sudah diserahkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya dan dibawa ke Bandung.

Penyerahan tersebut dilakukan Jumat, 8 Desember 2017, pagi. “Kalau menurut ketentuan normatif, ketika sudah menyerahkan ke provinsi, semua sudah menjadi tanggung jawab dan kewenangan mereka. Artinya, kewajiban kami sudah lepas,” tutur Ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto, di sela penyerahan.

Kendati begitu, ia mengaku masih mempunyai tanggung jawab moral untuk mengawal penentuan calon orangtua asuhnya agar bayi tersebut berada di keluarga yang tepat. Untuk itu pihaknya akan proaktif memberikan masukan kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat.

Di tempat yang sama, Kasi Rehabilitasi Anak, Lanjut Usia, dan Disabilitas Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya, Eet Rohaeti, mengatakan, pihaknya akan menyerahkan kembali bayi malang tersebut kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat agar perawatan dan penanganannya lebih maksimal.

“Di kita (Kabupaten  Tasikmalaya) tidak punya shelter untuk merawat bayi itu. “Untuk proses adopsi memang harus disimpan dulu di sana sampai turun semacam SK pengangkatan orangtua angkat dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat,” terangnya.

Menurutnya, proses untuk pengadopsian bayi biasanya memakan waktu sampai enam bulan. Selain mesti melakukan kunjungan ke rumah para calon orangtua angkat, penentuannya mesti melalui Pengadilan Agama juga.

Sebelumnya, Ato Rinanto menyebutkan, sampai Rabu kemarin, total pemohon yang ingin mengadopsi bayi tersebut ada 15 orang. “Dari 15 pemohon, terseleksi enam nama yang menurut kami punya keseriusan ingin mengadopsi. Nama-nama itu akan kami serahkan juga ke Dinas Sosial Jawa Barat,” ujarnya.

Sementara itu, dr. Yunike Rosdiana Herman, penanggung jawab rumah bersalin di Puskesmas Ciawi, menjelaskan, selama 12 hari dititipkan di puskesmas, berat badan bayi yang semula 2,9 kg bertambah jadi 3,3 kg. Tinggi badannya yang asalnya 51 cm jadi 52 cm. [Dan]

Komentari

komentar