Peristiwa

“Beca Baca” Segera Meluncur di 2016

Kota Tasik | Setelah sukses menggelar lomba menulis dongeng antarSMA/sederat se-kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Rumah Budaya Beranda 57 akan meluncurkan “Beca Baca” di Kota Tasikmalaya. Rencananya, becak yang ditambah rak buku itu akan diluncurkan Februari 2016.

“Bulan Januarinya kita persiapan. Mudah-mudahan Februari sudah bisa mulai,” harap Presiden Beranda 57, Bode Riswandi, seusai memberikan trofi dan beasiswa kepada para pemenang lomba menulis, di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Minggu, 27 Desember 2015.

Bode menjelaskan, “Beca Baca” yang diklaim pertama di Indonesia itu merupakan salah satu upaya menanamkan dan menghidupkan minat membaca di tengah gempuran teknologi informasi yang telah masuk sampai ruang-ruang privasi.

Untuk sementara, pihaknya akan memodifikasi dua becak yang biasa mangkal di Simpang Lima. Kedua becak itu akan ditambah rak untuk menyimpan buku-buku yang disesuaikan dengan kebutuhan penumpang, seperti resep masakan, cerita anak, dan lain-lain.

“Buku yang cepat selesai dibaca. Tapi, tidak menutup kemungkinan akan disimpan buku tebal, sehingga penumpang naik becak itu lagi untuk menamatkan sisa bacaannya. Juga akan disimpan buku yang kira-kira diperlukan abang becak. Jadi, sambil menunggu penumpang bisa baca buku,” tuturnya.

Ia meyakini, becak tersebut akan memberikan nilai lebih bagi pengayuh dan penumpangnya. Selain menambah pengetahuan, juga akan menimbulkan efek ekonomi. “Dengan adanya buku, penumpang pasti akan baca. Dalam satu becak minimal 100 buku dulu, dan itu akan diganti sebulan sekali,” ujarnya. “Hilang? Bagus. Asal dibaca.” initasik.com|shan

Komentari

komentar