Peristiwa

Beda Cara Penyambutan Dua Menteri Saat Berkunjung ke Kota Tasik

initasik.com, peristiwa | Dua hari berturut-turut, Kota Tasikmalaya mendapat kunjungan tamu kehormatan. Kemarin, Kamis, 23 Agustus 2018, ada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menghadiri kuliah umum di Universitas Siliwangi.

Hari ini, Jumat, 24 Agustus 2018, giliran Menteri Pertahanan, Jenderal TNI Purnawirawan Ryamizard Ryacudu. Ia datang untuk memberikan pengarahan kepada anggota Brigif Raider 13/1 Kostrad dan perwira TNI wilayah Tasikmalaya dan Ciamis.

Namun, ada perbedaan yang mencolok dalam penyambutan kedatangan kedua menteri itu. Menteri Susi yang datang menggunakan mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi RI 40 disambut sederhana. Saat turun dari mobil, ia langsung masuk ke dalam gedung dan memberikan materi kuliah umum. Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, tidak tampak dalam kesempatan itu.

Pemandangan berbeda tampak saat Menteri Pertahanan, Jenderal TNI Purnawirawan Ryamizard Ryacudu, berkunjung. Ia datang menggunakan mobil jenis SUV, merk Toyota Land Rover dan dikawal oleh aparat kepolisian. Saat turun dari mobil, Ryamizard langsung disambut oleh ratusan prajurit TNI di Brigif 13 Galuh.

Tak berhenti di situ. Setelah melakukan penghormatan berupa pengalungan bunga, Ryamizard naik ke atas kursi kayu dan diarak oleh empat prajurit TNI dengan diikuti oleh prajurit lainnya. Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, menyempatkan hadir dalam kunjungan menteri yang satu ini.

Di hadapan para prajurit, Ryamizard mengimbau agar TNI menjaga netralitas dalam pilpres mendatang dan mesti lebih meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas. “Saya tegaskan, TNI harus netral,” tandasnya. [Eri]