Keluarga

Begini Cara Mengajari Anak Pintar Ngobrol Dalam Dua Bahasa

initasik.com, keluarga | Ada sebuah penelitian di Singapura yang menyatakan bahwa anak yang mampu berbicara dalam dua bahasa cenderung mempunyai ingatan lebih baik dibandingkan mereka yang berbicara dalam satu bahasa. Jika ingin mengajarkan pada anak lebih dari satu bahasa sejak dini, tips berikut mungkin bisa membantu.

1.Membaca, bernyanyi, dan bermain

Stimulasi anak untuk tertarik terhadap buku, musik, dan berbagai macam permainan edukatif sejak masih bayi. Kamu bisa memperkenalkan berbagai ekspresi bahasa dan kosakata dengan cara yang menyenangkan. Baik sambil membaca ataupun sambil menyanyi. Setelah anak lebih besar, mereka juga bisa diperkenalkan dengan aktivitas-aktivitas baru seperti menari atau bermain alat musik.

2.Hindari berbicara menggunakan bahasa bayi

Bayi memang belum mampu berbicara sama sekali. Namun bayi sudah mulai memproses struktur dan arti bahasa jauh sebelum mereka mampu bicara. Hindari menimpali celotehan bayi menggunakan bahasa bayi, tapi gunakanlah bahasa betulan untuk menstimulasi bagian otak yang mengatur kemampuan bicara. Semakin banyak bahasa yang didengar, otaknya akan semakin berkembang.

3.Lengkapi dengan teknologi

Kamu bisa mengandalkan YouTube sebagai alat bantu untuk anak belajar bahasa. Selain mengenalkan bahasa, anak juga diperkenalkan dengan budaya yang bukan berasal dari negaranya.

4.Terus dipakai supaya tidak lupa

Cara termudah agar anak mampu berbicara dua bahasa adalah terus menggunakan kedua bahasa tersebut setiap hari. Misalnya dengan menerapkan hari bahasa. Saat weekend, anak diusahakan hanya boleh menggunakan bahasa inggris. Jika anak tampak berusaha untuk mencoba, pemberian hadiah kecil tidak ada salahnya. [kl]

Foto: theaustintimes.com