Olahraga

Bela Diri Bukan Sekadar Belajar Jurus

initasik.com, olahraga | Bela diri bukan saja cabang olahraga yang mengedepankan teknik pertahanan diri, tapi juga mengandung nilai-nilai penting di dalamnya. Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tasikmalaya, Opik Taufik Rohman, menjelaskan, belajar silat, misalnya, memiliki manfaat lain, salah satunya pembentukan karakter.

“Dalam silat, selain belajar tehnik atau jurus-jurus, ada juga kedisiplinan serta pemberian materi keagamaan. Tidak terus menerus fokus pada gerakan silat. Ada pembinaan keagamaannya juga,” tutur Opik di sela menghadiri pertandingan pencak silat tingkat Kota dan Kabupaten Tasiknalaya, di GOR Dadaha, Jumat, 11 Mei 2018.

Terkait kejuaran pencak silat, ia mengatakan, jumlah pesertanya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Untuk jenjang anak usia dini saja sudah mencapai lebih dari 300 orang.  Saat ditanya soal atlet binaan untuk mengikuti Porda Jabar, Opik menjawab, “Kalau dari IPSI kami ada program latihan khusus bagi atlet binaan, yaitu setiap satu pekan tiga kali. Semoga di tahun ini bisa sesuai target yang diharapkan. Semuanya dapat emas.” [Eri]