Ilustrasi
Informasi

Beli Perhiasan Berapa Gram pun Wajib Bayar Zakat


initasik.com, informasi | Belum banyak yang tahu kalau perhiasan emas dan perak wajib dikeluarkan zakatnya, terutama untuk yang dipakai. Beli berapa gram pun wajib bayar zakat. Besarannya 2,5 persen.

“Walaupun hanya beli setengah gram, sebelum perhiasan itu kita pakai, bayar dulu zakatnya. Bayarnya hanya sekali. Beda dengan perhiasan yang disimpan sebagai investasi. Itu setiap tahun harus dibayar zakatnya. Nisabnya 90 gram untuk emas dan 600 gram untuk perak,” terang Drs. Aep Saepudin, ketua Pimpinan Daerah Persatuan Islam Kota Tasikmalaya, Jumat 7 Juli 2017.

Menurutnya, berdasarkan hadis riwayat Abu Dawud, dulu pernah ada seorang perempuan bersama anaknya datang ke Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Anak itu terlihat memakai dua gelang emas. Rasul bertanya kepada ibunya, apakah emas yang dipakai itu sudah dikeluarkan zakatnya? Jawabannya belum. Kemudian Rasul berkata, apakah kamu gembira jika Allah menggelangi kamu di hari kiamat dengan gelang dari api neraka?

“Banyak kaum muslim yang merasa berdosa kalau tidak salat, tapi ketika tidak berzakat biasa saja. Padahal sama-sama wajib. Diusahakan bayar zakatnya ke lembaga zakat, karena perintahNYA seperti itu. Bahkan, seharusnya penghitungan zakat dilakukan oleh petugas zakat,” tuturnya.

Selain perhiasan yang dipakai, zakat perdagangan pun belum banyak yang menyadarinya. Ia mengatakan, perdagangan apapun wajib dikeluarkan zakatnya, meski, misalnya, hanya menjual satu dus minuman mineral.

“Zakatnya dihitung dari modal yang dikeluarkan. Kalau beli satu dus minuman mineral itu modalnya Rp 30 ribu, maka harus dikeluarkan zakatnya sebanyak 2,5 persen. Atau misalnya ada yang usaha warungan. Belanja ke pasar habis Rp 500 ribu, maka zakatnya 2,5 dari Rp 500 ribu itu,” sebutnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?