Informasi

Berada di Wilayah Kota dan Kabupaten Tasik, Penjaga Jembatan Tonjong Dibagi Dua

initasik.com, informasi | Jembatan Tonjong berada di antara dua daerah, yaitu Babakan Kadu, Cilolohan, Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya dan Sinargalih, Kawalu, Kota Tasikmalaya. Keberadaan jembatan dengan panjang sekitar 60 meter itu sangat berguna bagi para pengguna motor.

Berada di atas sungai Ciwulan, jembatan tersebut menjadi akses pintas para pengendara dari daerah Tanjungjaya atau sebaliknya. Mereka tidak perlu memutar ke Singaparna untuk mencapai tujuan.

“Kalau dari Kota Tasik mau ke Situ Sanghyang, misalnya, memang lebih cepat lewat jembatan ini. Tidak perlu lewat Singaparna. Dari Kawalu ke Situ Sanghyang jaraknya sekitar 11 kilometer. Kalau lewat ke Singaparna lebih jauh lagi. Dari Kota Tasik ke Singaparna saja sudah 18 kilometeran, belum dari Singaparna ke Situ Sanghyangnya,” tutur Agus.

Menurutnya, setiap hari, siang dan malam, jembatan gantung itu tak pernah sepi pengguna. Selalu saja ada yang lewat. Untuk itu, ia dan teman-temannya selalu menjaga untuk mengatur arus masuk kendaraan.

Ia mengaku tidak mematok tarif. Seikhlasnya. Berapapun pengendara beri, diterima. Tidak ada yang memberipun tidak meminta. Uang yang terkumpul tak lantas sepenuhnya masuk saku. Sebagian dialokasikan untuk biaya perawatan jembatan dan kepentingan warga.

Lantaran berada di dua wilayah, ia menyebutkan, sistem penjagaannya dibagi dua. Digilir. Pekan pertama untuk warga Kabupaten Tasik, pekan kedua bagian warga Kota Tasikmalaya. Begitu seterusnya.

“Jumlah penjaganya ada 16 orang. Giliran. Masing-masing ada jadwalnya. Bukan hanya siang, malam juga ada. Paling malam sampai jam 12-an,” sebutnya. [Dan]