Peristiwa

Berawal dari Operasi Miras, “Dibangsatkeun”, Lalu….

Kota Tasik | Perusakan kios jamu di Jl. BKR, Tawang, Kota Tasikmalaya, Minggu, 8 November 2015, yang berujung pembakaran itu tidak terjadi ujug-ujug. Ada rentetan peristiwa yang terjadi sebelumnya yang membuat massa dari berbagai ormas beraksi.

Wawan Aples, ketua salah satu kelompok, menceritakan, dini hari tadi beberapa rekannya akan menggelar operasi minuman keras (miras) di jajaran kios yang dibakar. Namun, sebelum menjalankan aksinya massa keburu diteriaki maling. Dibangsatkeun. Warga mengejar dan berhasil menangkap salah satu di antara mereka, yaitu UK. Ia pun jadi sasaran amuk warga. UK disiksa ramai-ramai.

Untuk meredam situasi, UK langsung diamankan polisi. Hingga tadi siang dia masih berada di kantor Polres Tasikmalaya Kota. Rekan-rekannya pun mendatangi kantor polisi untuk melihat keadaan UK. Sepulang dari kantor polisi itu massa langsung bergerak ke Jl. BKR, lalu terjadilah pembakaran kios yang sering menjual miras itu. Di dalam kios, mereka mendapatkan puluhan botol miras yang disembunyikan di bawah papan.

Wawan menjelaskan, masih adanya ormas yang turun ke jalan untuk operasi miras, lantaran tidak puas dengan kinerja aparat. “Kami punya kewajiban untuk amar maruf nahyi munkar. Itu hukumnya wajib. Kalau polisi bisa membereskan tempat penjualan minuman keras, tempat esek-esek, cafe remang-remang, pasti kami tidak akan turun ke jalan,” tuturnya.

Terkait pembakaran kios jamu yang sering menjual miras, Wawan mengaku tidak tahu siapa pelakunya. “Itu mau ormas atau masyarakat, yang jelas kami sudah jengkel melihat kemaksiatan yang dibiarkan,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Asep Saepudin, memastikan, kios jamu itu memang sengaja dibakar. Untuk itu, pihaknya akan segera menangkap pelaku pembakaran. Ia mengimbau agar masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar tempat kejadian perkara, jangan terprovokasi.

“Serahkan masalah ini kepada kepolisian,” ujarnya seraya menegaskan, pihaknya akan melakukan tindakan tegas kepada siapapun yang berbuat kejahatan, dari ormas manapun itu. initasik.com|syamil/shan

Komentari

komentar